Aplikasi TERRA Siap Bantu Relawan Penanggulangan Bencana Alam

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menghadirkan aplikasi tanggap darurat bencana, TERRA (Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity) guna membantu operasional lapangan para relawan mengevakuasi dan memulihkan korban.

Menurut Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid, aplikasi tersebut merupakan aplikasi Mapper Tracker berbasis online digital map database. Karena itu, tersedia sejumlah data penting terkait proses tanggap bencana, seperti informasi lokasi kantor pemerintahan daerah setempat, kantor kepolisian, serta Markas TNI terdekat yang biasanya menjadi lokasi Posko Utama Penanganan Bencana Alam.

"TERRA juga menampilkan profil relawan beserta keahlian individunya dalam penanganan bencana, serta menunjukkan lokasi terdekat para relawan untuk memudahkan mobilisasi dalam percepatan tanggap bencana," ujar Mas'ud di Garut, Kamis (29/09/2016).


Menurut Mas'ud, aplikasi tersebut juga memungkinkan tim relawan mengetahui lokasi menara telekomunikasi Telkomsel terdekat, sehingga membantu relawan mendapatkan kualitas jaringan maksimal ketika berkoordinasi di lapangan.

TERRA juga menyediakan layanan SMS guna memastikan kesiapan relawan serta layanan pembaruan foto dan video kondisi lokasi bencana secara real time.

Mas'ud melanjutkan, aplikasi ini bermanfaat tidak hanya di Garut, tetapi di semua lokasi bencana karena dapat menunjukkan titik layanan pelanggan Telkom Group terdekat dengan lokasi bencana, sehingga kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi.

"Ke depannya fitur aplikasi ini akan terus dikembangkan, sehingga memaut informasi pencegahan dan antisipasi bencana sejak dini, seperti mengintegrasikan CCTV di titik krusial semacam Bendungan Katulampa atau Gunung Bromo," tutur Mas'ud.

Mas'ud menambahkan, pihaknya juga terus membantu korban bencana alam banjir bandang di Garut hingga memasuki tahap pemulihan kondisi saat ini. Sejumlah sarana sanitasi, pendukung pendidikan, dan kebersihan sebagai bantuan lanjutan, sudah diserahkan ke Posko Utama Penanganan Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut.

(Msu/Why)
Sebelumnya Selanjutnya