Dulu Banyak Orang Mandi di Sungai Citarum, Sekarang Kondisinya Mengerikan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kepala Staf Kodam III Siliwangi, Brigjen TNI Wuryanto, pernah bertugas di Kota Bandung pada 1986. Saat itu ia baru pertama kali tahu Bandung.

Selama menempuh pendidikan di salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan TNI AD, Wuryanto kagum dengan Kota Bandung waktu itu: udaranya sejuk dan lingkungannya bersih terutama daerah aliran sungai Citarum.

Banyak hal yang berubah ketika dirinya menjabat sebagai Kasdam III Siliwangi. Kondisi daerah aliran sungai Citarum terlihat 'mengerikan' saat ini.


Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Wuryanto, berdiskusi dengan awak media di Markas Kodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/9/2016). TRIBUN JABAR/TEUKU MUHAMMAD GUCI SYAIFUDIN

"Dulu, saya masih bisa lihat masyarakat mandi di DAS Citarum. Sekarang, jangankan mandi orang saja ngeri melihat kondisi sungainya. Banyak sampah dan limbah," kata Wuryanto di Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (30/9/2016).

Kodam III Siliwangi telah mengupayakan menormalisasi DAS Citarum sejak empat bulan terakhir. Personel diterjunkan membersihkan sampah dan mendata pabrik pembuang limbah.

DAS Citarum kerap terjadi banjir akibat sampah. Belum lagi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan akibat pembuangan limbah yang tak dikelola secaar baik.

Muat Lebih Banyak
Sebelumnya Selanjutnya