Ingin Tidur dengan Nyenyak Saat Camping? Intip 5 Tips Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Camping bisa menjadi kegiatan yang Anda pilih apabila Anda mulai jenuh dengan rutinitas, dan kepadatan yang Anda di kota. Anda bisa menikmati keheningan saat camping di alam, Anda hanya akan mendengar suara angin atau suara binatang.

Anda akan menghabiskan malam di tempat yang jauh dari kota dan menjauh sementara dari fasilitas yang ada di rumah. Sebuah tantangan lain yang diharapkan menyenangkan saat bisa tidur di luar dan menyatu dengan alam.

Jika Anda biasanya tidur di kamar yang nyaman dengan kasur yang empuk, itu semua harus Anda tinggalkan saat Anda akan camping. Anda akan tidur di sebuah tenda kecil dengan ruang gerak dan fasilitas terbatas, namun bukan berarti tidur di tenda itu tidak bisa membuat tidur Anda nyenyak. Dilansir dari active.com, pada Jumat (30/09/2016) Berikut 5 tips agar Anda dapat tidur nyenyak pada saat camping.

1. Gunakan alas yang empuk

Bila Anda terbiasa tidur di kasur yang empuk dan tidak bisa tidur di alas yang keras, pastikan Anda membawa alas yang dapat mengembang dan mudah untuk dibawa, walaupun tidak senyaman kasur Anda di rumah, setidaknya ini bisa membuat alas tidur Anda menjadi lebih empuk.

2. Penutup telinga

Sebagian orang suka membiarkan suara alam yang indah bergema, dan membuat mereka tertidur lelap. Namun ada sebagian orang yang tidak tahan dengan suara bising yang ada di alam. Seperti suara binatang, angin, pohon yang bergesek satu sama lain. Itu semua akan ada pada saat Anda camping. Anda harus membawa penutup telinga bila Anda tidak tahan dengan suara-suara tersebut, dengan penutup telinga Anda akan merasa hening dan sunyi.

3. Suhu udara

Saat berada di alam terbuka atau padang gurun dan dataran tinggi, suhu udara di malam hari akan sangat dingin. Bahkan di musim panas sekali pun. Pastikan Anda memakai jaket, sleeping bag, dan kaos kaki agar Anda tidak kedinginan serta tidur dengan nyenyak. Minumlah minuman hangat bila Anda masih merasa kedinginan.

4. Pilih tempat berkemah yang datar

Anda tidak akan merasa nyaman bila tenda yang Anda dirikan berada di lokasi yang miring, atau salah satu sisi tenda berada di atas sebuah hal yang menonjol ke atas. Anda juga tidak akan bisa tidur bila bagian area kaki Anda, tidak sama tinggi dengan kepala Anda.

5. Pastikan tenda tetap bersih dan kering

Walaupun Anda hanya ada di sebuah tenda, bukan berarti Anda mengabaikan kebersihan. Pastikan tenda hanya untuk tempat Anda tidur dan menyimpan barang, kegiatan selain tidur seperti masak harus Anda lakukan di luar tenda. Selain menjaga tenda agar tidak kotor, itu juga dapat menjaga agar tenda Anda tidak basah. Bila tenda terjaga kebersihannya, Anda pun dapat tidur dengan nyenyak.

(Achmad Rully)

Sebelumnya Selanjutnya