Mumi 2000 Tahun `Dihidupkan` Lagi, Lihat yang Terjadi

Sosok Mumi Yang Kembali Dihidupkan Di Australia (Sumber: Egyptianstreets.com)

Dream - Dengan menggunakan metode Computerized Axial Tomografi (CT) scan dan teknologi cetak 3D, tim peneliti dan ilmuwan forensik yang dipimpin oleh University of Melbourne, berhasil merekonstruksi kepala mumi berusia 2.000 tahun dari Mesir.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan, kepala mumi itu milik seorang perempuan Mesir yang berusia antara 18 hingga 25 tahun.

Perempuan itu dikenal sebagai Meritamun, yang berarti 'kekasih dewa Amun'. Mumi itu diawetkan selama hampir 100 tahun di bawah tanah universitas sampai menjadi subjek dari proyek multi-disiplin yang menggabungkan penelitian medis, ilmu forensik, teknologi CT scan, cetak 3D, Egyptology dan seni.

" Tujuan dari proyek ini adalah untuk menghidupkan kembali peninggalan bersejarah dengan menggunakan semua teknologi baru," kata seorang antropolog biologi di Departemen Anatomi dan Neuroscience University of Melbourne Varsha Pilbrow kepada laman Egyptianstreets.

Kini, prioritas utama tim peneliti mengungkapkan tengkorak mumi tersebut masih dalam kondisi sangat baik, sehingga proyek bisa berjalan terus. Selama 140 jam printer 3D sederhana mencetak tengkorak untuk merekonstruksi wajah Meritamun. (ism) 

Muat Lebih Banyak
Sebelumnya Selanjutnya