Lama Tak Muncul, Begini Gaya Kasual Mantan Kapolri di Makan Sunan Kalijaga

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Lama tak terdengar kabarnya, mantan Kepala Polri Jenderal (Purn) Sutarman muncul di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kamis (29/9/2016).

Tak disangka, Kapolri era Presiden Susilo Bambang Yudhyono ini berpenampilan kasual, mengenakan kaus putih, bercelana jin biru dan memakai jam di tangan kirinya. Ia terpantau berziarah ke makam Sunan Kalijaga atau Raden Said di Kadilangu, tak jauh dari Masjid Agung Demak.

Sutarman mendapat sambutan hangat dan disalami sejumlah anggota polisi maupun TNI dan warga. Ia beserta rombongan menunaikan salat Magrib di Masjid Kadilangu.


Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Sutarman berziarah ke makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2016). Ia sempat berbincang dengan Kapolres Demak, AKBP Heru Sutopo, dan Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Nanang Wibisono. TRIBUN JATENG/PUTHUT DWI PUTRANTO

Puluhan personel Polres Demak dan Kodim 0716 Demak turun memberikan pengamanan. Turut hadir Kapolres Demak, AKBP Heru Sutopo, dan Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Nanang Wibisono.

"Puluhan personel tersebar di sejumlah titik strategis di wilayah Kota Wali untuk mengawal Pak Sutarman. Terutama pasukan ngepos di area makam Sunan Kalijaga. Selain Polri ada puluhan personel TNI dilibatkan," kata Heru kepada Tribun Jateng, Kamis (29/09/2016).

Pengerahan petugas untuk mengamankan kunjungan singkat Sutarman sudah sesuai standar operasional prosedur.

Apalagi, selama kunjungan tadi terdapat banyak warga yang memadati kawasan ziarah Sunan Kalijaga sejak pagi. Mereka berziarah sekaligus berdoa di makam.

"Pengamanan ini sudah sesuai protap. Kita juga melakukan sterilisasi area makam agar kunjungan berjalan lancar. Lalu kita membuat pagar betis untuk mengantisipasi teror," sambung Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo.

Sutarman tiba bersama istrinya, Elly Surtiati. Rombongan tiba sekira pukul 17.45 WIB menumpang dua bus yang tergabung dalam rangkaian kunjungan ziarah ke makam Wali Songo. Di rombongan terlihat mantan petinggi Polri serta pengawal pribadinya.

Sebelumnya Selanjutnya