8 Fakta Menarik Tentang Kleptomania

Liputan6.com, Jakarta Anda pergi ke sebuah toko yang menjual gaun indah, dan mahal. Anda pun tak mampu membelinya. Tentu tak ada dalam pikiran Anda untuk mencurinya kan? Tapi bagi kleptomania akan melakukan hal itu.

Penyakit mental yang dikenal sebagai kleptomania, tidak dapat mengendalikan dorongan untuk mengambil atau mencuri sesuatu tanpa membayar. Ya, kleptomania merupakan gangguan kontrol impuls yang cukup serius, dan dapat menempatkan seseorang dalam stres emosional dan juga dapat memiliki konsekuensi hukum, jika tidak diobati.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang kleptomania yang bisa Anda ketahui, dilansir laman Boldsky, Jumat (30/9/2016).

Fakta 1

Kleptomania adalah gangguan mental di mana seseorang mengalami dorongan kuat atau mendesak untuk mencuri hal-hal atau mengutil tanpa memikirkan konsekuensinya.

Fakta 2

Mengidap kleptomania tidak dapat mengendalikan dorongan untuk mencuri bahkan ketika mereka menyadari bahwa mungkin konsekuensinya berbahaya.

Fakta 3

Banyak orang yang menderita kleptomania mencuri hal-hal dari nilai signifikan, hanya untuk memuaskan dorongan mereka.

Fakta 4

Orang yang terkena kleptomania sering mencuri hal yang tidak mereka butuhkan. Semua itu hanya untuk memenuhi impuls mereka.

Fakta 5

Motivasi untuk mengidap kleptomania adalah rasa senang atau lega mereka setelah mencapai sesi mencuri.

Fakta 6

Rasa senang atau lega dipicu oleh perubahan kimia yang terjadi dalam otak karena adrenalin.

Fakta 7

Menurut sebuah studi penelitian, kleptomania terlihat lebih banyak pada wanita dibandingkan pria.

Fakta 8

Salah satu gejala utama kleptomania yaitu menderita kecemasan yang ekstrem dan ketegangan, sampai berhasil melakukan pencurian.

Sebelumnya Selanjutnya