Generasi Kekinian Kepincut Kacamata Pintar Snapchat

Jakarta - Debut Snapchat yang kini telah berganti nama menjadi Snap di ranah wearable gadget tampaknya bakal sukses. Belum dirilis, kacamata pintar Spectacles besutannya setidaknya sudah memikat calon pembeli di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Dengan fungsinya yang bisa memotret serta merekam video, Spectacles menyasar generasi milenial yang menyukai aktivitas story telling melalui foto dan video secara real time. Apakah mereka tertarik?

Business Insider pun melakukan survei terhadap lebih dari 300 orang yang masuk dalam kategori generasi milenial di AS dan Kanada. Jawabannya, ya, mereka tertarik. Sebanyak 31% responden yang disurvei mengatakan, mereka setidaknya mempertimbangkan untuk membeli kacamata pintar seharga USD 130 tersebut.

Jika presentase ini diaplikasikan ke 60 juta pengguna aktif harian aplikasi Snap di AS dan Kanada, artinya ada permintaan cukup besar untuk Spectacles. Dari hitung-hitungan kasar berdasarkan hasil survei ini, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (30/9/2016), Snap diperkirakan bisa menjual 3 juta Spectacles tahun ini.

Namun Snap kemungkinan tidak akan berupaya memenuhi besarnya permintaan tersebut. Dikutip dari Business Insider, Jumat (30/9/2016), CEO Snap Evan Spiegel mengatakan pihaknya akan menggunakan pendekatan pasar yang 'santai'. Distribusi awal kacamata pintar ini akan dibuat secara terbatas.

Snap mengembangkan Spectacles bersama Vergence Labs, startup pembuat wearable gadget yang diakuisisinya beberapa bulan lalu. Spectacles dirancang untuk memudahkan orang bercerita dan langsung menguploadnya ke aplikasi Snap. Dengan bantuan kacamata pintar, cerita dihadirkan secara natural dari sudut pandang orang pertama, sehingga seolah mengajak viewers ikut dalam cerita mereka.

"Kami menciptakan kamera video wireless terkecil di dunia, yang bisa merekam seharian penuh dalam sekali charge. Dan kami mengintegrasikannya dengan mulus ke dalam sepasang kacamata," tulis Snap melalui situs Spectacles.com.

Laporan sebelumnya yang mengutip CEO Snap Evan Spiegel mengatakan, Spectacles akan dirilis sekitar November. Namun tidak disebutkan kapan gadget tersebut dirilis. Keterangan pada bagian bawah website hanya menuliskan 'Landing Soon'. (rns/ash)

Sebelumnya Selanjutnya