Restrukturisasi Bisnis, Bank Terbesar Kedua di Jerman Ini PHK 9.000 Pegawainya

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN– Bank terbesar kedua di Jerman, Commerzbank, berencana memangkas 9.000 orang pegawai dalam waktu empat tahun ke depan. Selain itu, Commerzbank juga untuk pertama kalinya tidak akan membagikan dividen kepada pemegang saham.  

Situs BBC, Jumat (30/9/2016) melansir, Commerzbank dalam pernyataannya menyatakan menargetkan mencapai profitailitas yang berkelanjutan pada 2020 mendatang.

Namun demikian, Commerzbank juga memaparkan strategi untuk menciptakan 2.300 posisi pekerjaan baru pada area-area bisnis yang tumbuh.  

Per 2015 lalu, Commerzbank memiliki sekitar 51.300 orang pegawai.

Pengumuman rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut muncul di saat adanya penyangkalan bahwa pemerintah Jerman tengah melakukan upaya penyelamatan terhadap Deutsche Bank, bank terbesar di negara itu.  

Deutsche Bank tengah menghadapi denda sebesar 14 miliar dollar AS di Amerika Serikat karena kesalahan penjualan obligasi beragun properti sebelum krisis finansial pada tahun 2008.

Adapun strategi Commerzbank sendiri adalah konsentrasi pada bisnis-bisnis inti, yakni nasabah privat dan usaha kecil serta nasabah-nasabah korporasi.  

Muat Lebih Banyak
Sebelumnya Selanjutnya