Militer Cina akan menjalani reformasi

Cina akan memperkuat persenjataan dan direncanakan tak akan menambah jumlah personel.

Cina menyatakan akan melakukan reformasi di tubuh militer mereka agar siap menghadapi perang dunia maya.

Dalam rencana lima tahunan yang diterbitkan oleh Komisi Pusat Militer Cina, mereka menyatakan menargetkan untuk mengubah Tentara Pembebasan Rakyat agar menjadi kekuatan militer kelas dunia pada tahun 2020.

Diharapkan pada saat itu mereka sudah menyelesaikan segala mekanisasi di seluruh angkatan, dan membuat kemajuan berarti berkaitan penggunaan teknologi informasi dan komputer.

Kantor berita Xinhua melaporkan, prioritas diarahkan pada restrukturisasi beberapa tugas seperti persenjataan dan logistik, informasi teknologi, pelatihan pertempuran serta kerja sama militer internasional.

Langkah ini akan dimulai pada bulan Desember tahun ini dengan peresmian beberapa fasilitas seperti Pusat Komando Tentara Pembebasan Rakyat, pusat pengendalian roket serta pembangunan kekuatan cadangan strategis.

Angkatan Darat Cina saat ini merupakan yang terbesar di dunia, tetapi para pemimpin Cina menginginkan peningkatan kemampuan tempur mereka dengan mengurangi jumlah pasukan dan memperbanyak investasi di persenjataan modern.

Beijing sendiri diperkirakan akan memberi fokus besar pada Angkatan Laut dan Angkatan Udara sebagai respons dari persengketaan wilayah yang masih terjadi hingga kini di Laut Cina Selatan.

Sebelumnya Selanjutnya